HarumanjaBlog

Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Belajar Menulis

Menulis sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit, namun itu hanya berlaku untuk sebagaian orang, sebagiannya lagi mengatakan bahwasannya menulis adalah pekerjaan yang sangat sulit. semuanya tergantung dari pemikiran orang itu sendiri kalo orang itu bilang sulit maka sulitlah hasilnya namun jika orang itu mengatakan mudah maka mudahlah baginya untuk menulis.

segaian orang bilang menulis itu butuh pengalaman yang banyak dan wawasan yang luas, luasnya wawasan melebihi luasnya daratan dan lautan dibumi ini, itu pernyataan yang salah karena sebenarnya menulis tidak membutuhkan itu semua. Tulisan hanya membutuhkan kemauan bukan kemampuan. Edy Zaqeus mengatakan dalam bukunya Resep cespleng menulis buku best seller mengatakan mulailah menuliskan hal – hal yang anda ketahui, tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu senidiri. disini jelas untuk menjadi penulis yang baik itu harus dimulai dari hal – hal kecil.

Tulis apa saja dan jangan perdulikan hasilnya, nanti akan tahu sendiri hasilnya dan kita akan terkejut melihatnya. Saya juga selalu menulis walaupun mungkin tulisan saya tidak pernah di cetak menjadi sebuat buku namun tulisan ini memberi arti bagi saya untuk menentukan masa depan saya. Menentukan masa depan ??, kenapa ??, Saya membiasakan diri sewaktu masih sekolah, saya sering membeli buku diare untuk menulis pengalaman dan apa saja yang saya pikirkan. tulisan – tulisan saya itu hilang begitu saja terkadang hanya saya tulis sebuah kata – kata bijak namun tidak punya arti di kertas buku tulis saya, lalu keuntungannya dimana ??, keuntungannya pada saat kelas 3 smu saya harus menulis peper untuk sebagai syarat tugas akhir sekolah, waktu itu saya tidak kesulitan dalam menyusun kata – kata.

Setelah selesai sekolah saya juga menulis pengalaman dan apa saja yang ada dipikiran saya, keuntungan yang sangat menonjol ialah pada saat saya tidak punya kerjaan saya melamar kerja sebagai administrasi di media cetak ternyata saya ditempatkan sebagai wartawan, karena saya pernah menulis dan menjadikan tulisan sebagai hobby, saya tidak kesulitan sama sekali untuk menulis berita, 2 tahun saya bekerja sebagai wartawan sampai akhirnya saya diminta oleh seseorang untuk bekerja di perusahaannya karena saya bisa menulis surat dan bisa mengoperasikan komputer.

Keinginan saya untuk kuliahpun akhirnya bisa diteruskan setelah kerja disini, saya kuliah sambil bekerja dan menulis terus dikembangkan, saat menyususn skripsi saya juga enjoi dengan tulisan yang saya susun. membiasakan menulis ternyata memberi manfaat yang sangat besar.

Ayo menulis jangan ragu tulis apa saja yang teringat dan biarkan tulisan itu ada sampai kapanpun. jadikanlah menulis sebagai hobby biar mudah saat dibutuhkan nanti. Menulis, Menulis, Menulis dan terus menulis, namun jangan lupa juga untuk membaca, tulis kembali apa yang sudah dibaca juga sangat bagus untuk diterapkan. Menulis untuk menjadi kaya itu benar, lalu kenapa penulis tidak kaya materi, kaya disini memiliki arti yang banyak kaya hati, dan yang penting dari menulis akan kaya pemikiran. kaya wawasan dan kaya akan ide.

Cara terbaik untuk menulis ialah mengikuti imanjinasi pemikiran, saat pemikiran berimajinasi biarkan dan ikuti saja kalo perlu ambil kertas dan pena, ikuti imajinasi itu ambil tangan menulis pada kertas. imajinasi muncul pada saat yang tidak perdiduga, biarkan saja dan ikuti saja nanti setelah selesai coba dibaca kembali apa yang sudah ditulis tadi wow hasilnya sungguh mengagumkan.

Sekarang ini saya selalu menulis baik materi kuliah maupun buku, emang sih buku saya belum ada yang diterbitkan katanya tidak memenuhi syarat marketting. Penerbit takut kalo – kalo nanti tidak laku jual. Biasa itu orang sukses itu dulunya juga gagal. ok

Agustus 4, 2010 Posted by | Amalan | Tinggalkan komentar